Sunday, August 2, 2009

Cara Gampang Menggunakan Cocopeat

Cara menggunakan cocopeat sangat mudah. Campurkan cocopeat dengan air, maka jadilah serbuk cocopeat siap pakai sebagai media tanam.

Cocopeat boleh dicampur dengan media lain, seperti sekam, tanah, atau pakis. selain itu juga bisa dicampur dengan pupuk kompos, atau non organik. Jika digunakan sebagai campuran, pemakaiannya dua berbanding satu untuk cocopeat.

Untuk tanaman dalam pot, sebelum memasukkan cocopeat sebaiknya dilapisi dulu dengan cocofiber. sabut kelapa ini memiliki pori-pori untuk memudahkan pertukaran udara serta masuknya sinar matahari. Sekarang ini ada cocofiber yang siap pakai, bentuknya seperti wadah pot, atau cocopot.

Setalah Cocofiber dikemas ke dalam pot, lalu masukkan cocopeat. Jumlah cocopeat disesuaikan dengan ukuran pot, atau besar kecilnya tanaman. Karena tanaman untuk pembibitan membutuhkan cocopeat sedikit dibandingkan tanaman besar.

Setelah itu, masukan tanaman bunga atau buah-buahan ke dalam pot. Kalau cocopeat digunakan tanpa pot, tinggal disebar saja di sekitar lahan yang akan ditanami. bisa juga, lahan tersebut ditanami lebih dulu, baru ditebari cocopeat.

No comments:

Post a Comment