Wednesday, October 14, 2009

Coir Blanket / Selimut Sabut Pengontrol Erosi




Erosion control blankets / coir matblankets / Selimut sabut dibuat dari 100 persen serat sabut kelapa dimana bagian yang dapat terurai atas dan bawahnya dijahit bersama, bagian dalamnya diisi dengan serat sabut / coir fiber.

Ketebalan coir blanket berubah sesuai spesifikasi yang dikehendaki. Bagian atas dan bawah permukaan coir blanket menahan serat sabut kelapa dengan bantuan jahitan benang.



Erosion control blanket / coir mat berfungsi untuk menahan pembibitan dan untuk mencegah kehilangan tanah sampai vegetasi dapat berdiri sendiri. Coir mat dapat dipakai sebagai pra-bibit, dengan bibit yang disesuaikan tergantung lokasi. Langkah pemakaian coir mat ini dapat mengurangi kecepatan penguapan air, sehingga kelembaban dan suhu dapat dijaga dengan baik.

Selain itu, coir mat ini dapat mencegah pengerasan dan pemadatan tanah yang menahan angin dan kekuatan air hujan. Keuntungan lainnya adalah mempercepat pertumbuhan vegatasi sebelum blanket tersebut terurai dan rusak sampai menjadi bagian daripada tanah.

Coir blanket telah dikembangkan untuk keperluan pada kemiringan yang ekstrim, untuk saluran pengeluaran tinggi, dan aplikasi yang membutuhkan perlindungan yang tetap/permanen dan penguatan tumbuhan. Selain itu juga dapat meningkatkan kesadaran lingkungan umum terhadap tingginya perbaikan yang disebabkan oleh erosi.

Coir mat ini dapat dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Namun kami memiliki standar maksimum ukuran yaitu lebar 2,4 meter dan panjang 50 meter dan dikemas menggunakan plastik PP untuk mengurangi kerusakan selama pengiriman.

Persiapan lokasi :
siapkan lahan pembibitan dengan menhilangkan 2-3 inchi tanah bagian atas. Pemupupukan disarankan untuk pembibitan. Pastikan tanah tidak ada gumpalan, batu, kayu dan penggangu lainnya, sehingga tikar dapat melekat dengan tanah sempurna.

Pembibitan :
Dalam beberapa kasus, langkah pembibitan merupakan merupakan tahapan yang paling utama dibanding intalasi blanket. Untuk Coir mat yang digunakan untuk penguatan wilayah, dan saat membuka tenunan, pembibitan dilakukan setelah instalasi coir mat.





1 comment: